Destinasi Wisata Bukittinggi Sumatera Barat

bukit tinggi sumatra barat

Bukit tinggi merupakan sebuah kota yang tereletak di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini menyimpan sejuta pesona tersembunyi dan panorama alam yang menakjubkan. Tak heran bila keindahan Bukittinggi belum banyak orang yang tahu, sebab belum banyak di ekspos. Bukittinggi sejatinya memiliki banyak destinasi objek wisata keren. Mulai dari situs budaya, situs prasejarah, spot foto instagramable hingga air terjunnya yang sangat indah. Jangan khawatir bila Anda ada rencana untuk berkunjung ke Bukittinggi, kota ini memiliki wisata yang tak kalah keren dengan kota-kota besar lainnya. Berikut beberapa daftar destinasi wisata di kota Bukittinggi yang perlu Anda ketahui.

  1. Jam Gadang

Jam gadang merupakan ikon kota Bukittinggi. Jam ini berukuran 13×4 meter, berdiri kokoh di kawasan taman sabai nan aluih yang terletak tepat di depan istana Bung Hatta. Banyak pohon rindang di sekeliling jam gadang, bangku-bangku taman juga banyak terpasang di sana. Membuat suasana di area jam gadang menjadi menyenangkan. Lokasi ini selalu ramai dengan kunjungan, baik tua maupun muda. Pagi, siang dan sore.

  1. Tabiang Takuruang

Tabiang Takuruang artinya tebing yang terkurung. Dinamakan seperti itu sebab tebing ini terkurung oleh 2 ngarai. Lokasi tebing ini berada di dalam kawasan objek wisata ngarai sianok, namun lokasinya juga berdekatan dengan ngarai sabik. Itulah 2 ngarai yang mengapit Tabiang Takuruang ini.

  1. Istana Bung Hatta

Istana ini terletak di seberang tepat jam gadang. Lokasinya sangat hijau asri. Pagarnya rendah, namun sayangnya istana Bung Hatta tidak boleh dimasuki oleh umum.

  1. Museum Bung Hatta

Bila istana Bung Hatta tak terbuka untuk umum, maka museumnya terbuka untuk umum. tanah bekas rumah kelahiran Bung Hatta yang luasnya kira-kira 1000 meter persegi, dibebaskan oleh pemerintah Bukittinggi. Diperkirakan bahwa luas tersebut baru sebagian dari yang dimiliki oleh ayah Bung Hatta. Yayasan pendidikan wawasan nusantara (YPWN) adalah yayasan yang mengelola UBH (Universitas Bung Hatta) serta merenovasi rumah kelahiran Bung Hatta pada September 1994 sebelum kemudian diambil alih oleh pemerintah. Namun sampai saat ini, museum ini dikelola oleh dinas pariwisata, seni dan budaya kota Bukittinggi.

  1. Janjang Saribu

Janjang Saribu berarti tangga seribu. Warga Bukittinggi sering menyebutnya sebagai tembok raksasa Cina versi Sumatera. Janjang saribu terletak di Koto Gadang. Anak tangga anak tangganya membentang dari kawasan bawah ngarai sianok.

  1. Ngarai Sianok

Ngarai sianok membentang sejauh kira-kira 15 kilometer dari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku. Kedalaman ngarai sianok mencapai 100 meter serta lebar celahnya membentang kira-kira 200 meter. Ngarai Sianok merupakan suatu wujud visual yang paling jelas sebagai efek dari aktifitas pergerakan lempeng bumi tektonik di pulau Sumatera pada waktu itu. Namun, proses pembentukan patahan tersebut justru malah menghasilkan sebuah kawasan yang subur dan juga indah. Ngarai Sianok adalah maha karya Tuhan yang nyata. Ngarai sianok memiliki julukan yakni lembah pendiam, sebab suasananya yang damai dan tenang. Tak hanya itu, angin sepoi-sepoi serta kicau burung sayup-sayup terdengar. Cocok untuk menenangkan pikiran.

 

Itulah tadi informasi mengenai destinasi wisata di kota Bukittinggi. Bukittinggi merupakan kota kelahiran Bung Hatta, salah satu pahlawan nasional Indonesia. Udara di Bukittinggi cukup sejuk yakni antara 16 sampai 24 derajat celcius, jauh sekali bila dibandingkan dengan cuaca di ibukota yang tiap hari selalu panas menyengat. Kota Bukittingi memiliki banyak surga tak kasat mata di dalamnya, tinggal menunggu waktu saja untuk tempat wisata tersebut terekspos oleh media.

 

3 Comments

  1. Sapri December 31, 2017 Reply
  2. Rony December 31, 2017 Reply
  3. Radit December 31, 2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *